Label

Senin, 03 Juli 2017

Genap 10 Tahun, Mapala Cadas.Com Launching Buku Organisasi, Cinta, dan Hobi


Launching Buku Organisasi Cinta, dan Hobi digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Carmine Delta Adventurers (Cadas.Com) Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan, Sabtu (28/10).

Launching kali kedua berlangsung sederhana di halaman Sekretariat Mapala Cadas.Com, Jalan Soekarno-Hatta KM.08, Karang Joang, Balikpapan Utara. 

Sebelumnya, Launching Buku pertama dilakukan saat bertepatan dengan Milad Mapala Cadas.Com ke-10 di Auditorium STT Migas Balikpapan, Maret 2017 silam.

Tujuan dilakukannya Launching Buku ini untuk mengenalkan karya tulis. Ke depan, buku ini juga dapat menjadi referensi bagi para penerus menjalankan roda organisasi.

Panitia Launching Buku menyiapkan acara tersebut selama sepekan lamanya. Dimulai dari pembentukan panitia, pembuatan surat peminjaman dan undangan, serta mendekorasi tempat acara tersebut.

“Tetapi yang ikut serta di pra kegiatan ini tidak hanya panitia, tetapi senior – senior dari Cadas ikut membantu seperti dana, tenaga dan lain lain,” ujar Ketua Panitia Launching Buku, Febbyan Sudirman.

Jalannya acara berlangsung santai, mengingat desain acara di outdoor membuat tamu undangan lebih bertatap langsung dengan alam.

Tamu undangan yang hadir, kata Febbyan, kurang lebih 63 orang. Perwakilan dari berbagai lembaga pemerhati lingkungan kampus dan umum.

Seperti Komunitas Pencinta Alam Spezies, Forum Peduli Teluk Balikpapan, Balikpapan Art Foundation, Mapala Himpa Politeknik Balikpapan, Mapala Greempanks, Amazon, dari Politeknik Samarinda, Mapala Gempa IAIN Samarinda,

Mapala Ampal LP3I Balikpapan, serta perwakilan organ intra kampus, seperti Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Himpunan Mahasiwa Teknik Pengolahan Migas, dan Himpunan Mahasiwa Teknik Instrumentasi dan Elektronika Migas.


Pada Launching Buku kedua ini, undangan mengikuti agenda acara yang sudah diatur oleh panitia, seperti membaca Kode Etik Pencinta Alam Indonesia, dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Tamu undangan tampak khidmat berdiri dan membaca Kode Etik Pencinta Alam Indonesia serta menyanyikan lagu Indonesia Raya yang juga diiringi oleh para anggota Cadas.

Setelah itu sambutan dari ketua Panitia Launching Buku dan Pengganti ketua Umum Cadas sementara, karena pada hari itu ketua Umum berhalangan hadir.

Tamu undangan tampak antusias bertanya tentang proses pembuatan buku, saat  Tim Buku maju untuk menjelaskan.

“Ingatan bisa hilang, tulisan akan abadi. Ingatan yang menjadi problem utama selama penulisan buku ini,” ujar Ketua Tim Buku, Edwin Agustyan menjelaskan.

Buku Organisasi, Cinta dan Hobi yang telah dibuat, bertuliskan tentang perjalanan Mapala Cadas.com selama 10 tahun.  Seperti, PDCA I sampai PDCA X dan kegiatan – kegiatan yang diikuti oleh Mapala Cadas.Com.

Ia mengatakan, buka Organisasi, Cinta, dan Hobi ini merupakan hadiah kecil bagi ulang tahun ke-10 Cadas yang jatuh pada 3 Maret 2017. 

Disusun oleh delapan orang anggota Mapala Cadas.Com dari lintas angkatan. Benny dan Edwin mewakili anggota yang akif pada tahun-tahun pertama Cadas berdiri, 2007 lalu.   

Surya dan Fariz merupakan bagian dari era ketika Cadas mulai keluar dari krisis anggota. Sadliansyah, Jossy, serta dua bungsu, Febbyan dan Yolanda merupakan anggota yang aktif saat ini.


Selain Tim Buku, materi seputar lingkungan hidup juga dibawakan oleh Koordinator FPTB, Mapaselle dan Dosen STT Migas Balikpapan, M Luthfi.  Materi yang dibawakan oleh Dosen Luthfi, yakni tentang Lingkungan Hidup.

Tetapi di awal pembahasan, alumnus Universitas Hasanudin Makassar ini turut membahas pentingnya memaknai Kode Etik Pencinta Alam Indonesia dalam perilaku kehidupan sehari-hari.

Sedangkan, betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup khususnya di sekitar Teluk Balipapan yang merupakan daerah penyangga, dibawakan oleh Mapaselle.

“Karena beberapa flora dan fauna langka hampir punah, maka dari itu butuh kesadaran diri lebih masyarakat Balikpapan untuk menjaga kelestarian lingkungan di sana,” ujarnya.

Setelah penyampaian materi, ada sesi tanya jawab. Tentunya mengarah tentang materi yang telah dijelaskan. Tamu undangan pun bertanya, seperti bagaimana menjelaskan Kode Etik Pencinta Alam Indonesia kepada Pencinta Alam dari luar Indonesia dan lain lain. Dan tentunya pertanyaan itu dijawab dengan lugas dan jelas oleh pemateri.

Setelah sesi tanya jawab ada acara akustikan. Di situ pula tanda bahwa acara Launching Buku yang kedua berakhir. Dan sambil menutup acara para tamu undangan dan anggota Mapala Cadas.Com sibuk menyantap makanan yang telah disediakan oleh panitia.

Seusai itu, sebagian tamu ada yang tak langsung pulang. Mereka memilih memanfaatkan momen untuk berdiskusi dengan anggota Cadas. Ada juga yang sibuk mengabadikan moment dengan mengambil gambar di backdroop yang telah dibuat oleh panitia.

Untuk diketahui, Cadas sendiri adalah organisasi pencinta alam yang berdiri di lingkup STT MIGAS Balikpapan. Sebagai wadah mahasiswa yang mempunyai jiwa petualang dan tantangannya dan juga sebagai penyaluran hobi mahasiswa.

Cadas berdiri pada tanggal 3 maret 2007 yang diketuai oleh Benny Oktaryanto. Organisasi ini berdiri karena kesadaran mahasiswa terhadap alam. Karena alam adalah tempat kita, jadi manusia dan alam tak bisa dipisahkan karena keduanya merupakan unsur yang saling menopang kelangsungan hidup. (Deni Prabowo/ LIDI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar