Jumat, 26 Desember 2014

Bersama Dalam Persaudaraan


Lokasi PDCA IX Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kaltim.
Regenerasi merupakan salah satu ruh dalam sebuah organisasi. Dengannya, organisasi bisa tetap mempertahankan eksistensi. Dengan regenerasi, visi dan misi sebuah organisasi dapat terus dilanjutkan.

Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Carmine Delta Adventurer's. Community (Cadas.Com) menyadari betul betapa pentingnya regenerasi dan kaderisasi bagi sebuah organisasi. Jika regenerasi dan kaderisasi berjalan dengan optimal, tentu eksistensi Cadas.Com bisa terus terjaga.

Sebagai agenda rutin tahunan, Mapala Cadas.Com menggelar Pendidikan Dasar Cinta Alam (PDCA) IX  yang merupakan wadah regenerasi di Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaen Paser, Kaltim, dari Senin (15/12) sampai Minggu (21/12).

Tempat ini dipilih bukan tanpa alasan, wilayah hutan yang relatif masih terjaga, ditambah dengan tersedianya beberapa spot aplikasi lapangan seperti survival, caving (susur goa) dan rock climbing (panjat tebing) membuat hutan di Desa Kasungai sangat layak untuk menjadi tempat dilakukannya kegiatan PDCA.


Tema PDCA IX kali ini adalah Bersama Dalam Persaudaraan. Memang terdengar sederhana, namun memiliki makna yang dalam jika kita renungkan. Diharapkan, peserta yang mengikuti PDCA IX nantinya dapat terikat dengan jiwa persaudaraan yang kuat, sehingga dapat menjalankan peran dan tanggung jawab di organisasi dengan semangat persaudaraan. Tidak hanya di organisasi, semangat persaudaraan ini diharapkan dapat menular dalam kehidupan sehari-hari.

Tahun ini, jumlah peserta yang mengikuti PDCA berjumlah 10 orang yang terdiri dari sembilan laki-laki dan satu perempuan. Selama kurang lebih satu minggu, peserta diarahkan untuk mengaplikasikan materi yang sudah didapat ketika pra PDCA berlangsung.

Tak hanya aplikasi survival, navigasi darat, caving, dan rock climbing dari panitia, PDCA juga menanamkan pentingnya kebersamaan, perasaan senasib sepenanggungan, persaudaraan, loyalitas serta kecintaan kepada alam.

Setelah melahap semua materi serta melakukan aplikasi lapangan, akhirnya 10 peserta yang mengikuti kegiatan PDCA IX dikukuhkan sebagai anggota muda Mapala Cadas.Com. Ditandai dengan pemasangan slayer hijau pada upacara yang berlangsung di lokasi PDCA IX.




Foto angkatan IX (Hymenoptera ) selepas pelantikan sebagai anggota muda Mapala Cadas.com STT MIGAS Balikpapan
Selamat datang pada Hymenoptera, Doni Setiyawan (Gajah) - Jonri Panggabean (Lepas) - Imam Sahadillah (Karno) - M. Nur Iqbal Dinda (Ranting) - Yosua Sumendap (Koler) - Muh Riskiullah (Lepak) - Ariska Noverawati (Ranum) - Iqbal Raditya (Reyot) - Jossy Valenino (Ale) - Kenny Getih (Dinding).

"Setiap generasi ada masanya. Setiap masa ada generasinya"


Suasana seremonial pembukaan dan pelepasan peserta PDCA IX. 

Sambutan oleh Ketua STT Migas Balikpapan sekaligus membuka kegiatan ini.

Peserta menuju lokasi PDCA IX diawali dengan melakukan penyeberangan basah dan tracking selama 1 jam memasuki hutan.






Aplikasi materi survival oleh peserta PDCA IX diantaranya (dari atas) mengulas materi dasar survival, botanizoologi sekaligus peserta mencari bahan makanan dari hasil hutan, aplikasi membuat perangkap ikan, aplikasi membuat jerat binatang, aplikasi membuat shelter/bivak, dan aplikasi membuat api.

Gender bukanlah kendala, satu-satunya peserta perempuan pada PDCA kali ini berhasil mengaplikasikan materi penelusuran gua di Gua Cinta Damai.

Kekhidmatan upacara pelantikan peserta dan penutupan PDCA IX.
SELAMAT, Penyematan slayer hijau kepada peserta PDCA IX adalah sebuah perubahan dari peserta menjadi bagian dari keluarga Mapala Cadas.Com.  

Bahagia dan berbangga hati atas segala jeri payah yang telah diperjuangkan, itulah makna air mata ini.

Membasuh kepala angkatan ix, dengan harapan menyadarkan untuk menatap tanggung jawab baru.
Selamat datang adik, seremonial penyambutan angkatan ix di sekretariat apala Cadas.Com sebagai akhir dari serangkaian kegiatan PDCA IX. 


(rahul/edwin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar