Label

Senin, 03 Februari 2014

“Kita Adalah Pahlawan Bumi”

Rabu (27/11) 2013, Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Carmine Deltas Adventurers Comunnity (CADAS.COM) Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Minyak dan Gas Bumi (Migas) Balikpapan melakukan aksi bersih-bersih yang bertemakan “KITA ADALAH PAHLAWAN BUMI” di area sekitaran area lapangan merdeka.

Gambar. Pengunjung pun ikut, berbaur bersama memunguti sampah.
Aksi ini dilakukan mulai pukul 14.10 hingga 16.50 WITA dan dilaksanakan oleh anggota Mapala CADAS.COM. Mereka tidak hanya memungut sampah, tapi mereka juga membagikan souvenir gratis berupa permen dan stiker yang bertemakan kegiatan mereka tersebut kepada warga dan pedagang yang membuang sampah pada tempatnya.
           
Mereka memulai aksinya dengan memungut sampah-sampah yang berserahkan di area sekitar lapangan merdeka dan mengumpulkannya menggunakan Trashbag yang telah tersedia.

Bukan hanya sampah yang berada diatas tanah atau diatas rumput saja yang dipungut, bahkan sampah yang berada di parit-paritpun tak luput dari tangan para mahasiswa pencinta alam ini. 


 Gambar. Sampah memenuhi salah satu sudut Lapangan yang juga bagian dari RTH kota Balikpapan
Selain itu, mereka juga mengajak warga dan pedagang yang sedang berada dan melakukan aktivitas di sekitar area lapangan untuk tidak membuang sampah disembarang tempat.

Respon dari warga dan pedagang pun terlihat baik, meski tak diajak mereaka pun turut melakukan hal yang sama ketika melihat rombongan berbaju hitam ini memungut sampah di sekeliling mereka.

Tak terkecuali, dengan para ibu yang sedang menonton anak mereka yang sedang melakukan pertandingan bola, langsung memungut sampah di sekitar mereka dan menaruhnya di Trashbag yang digunakan untuk mengumpulkan sampah-sampah tersebut. 
Gambar. Pengunjung ikut serta membubuhkan tanda tangan mereka dalam kesempatan ini.
Ya, kegiatan ini sebenarnya dilakukan dalam rangka program kerja tahunan Mapala CADAS.COM, yaitu acara angkatan yang diselenggarakan oleh setiap Anggota Muda (AM). Acara angkatan adalah sebuah syarat agar anggota muda dapat menjadi anggota penuh dalam organisasi ini.

Dalam syarat menggelar acara angkatan sendiri, awalnya bermacam-macam jenis kegiatan yang tersirat, tidak hanya seperti kegiatan ini.

Karena di dalam organisasi Segitiga Merah ini, diketahui AM diberikan kewenangan penuh untuk berkreasi, asalkan acara tersebut memiliki maksud dan tujuan yang jelas dan telah disetujui oleh para pengurus organisasi ini. 



Untuk AM angkatan Ke-VII ini sendiri, bukan hanya sebagai syarat untuk menjadi anggota penuh, tujuan utama kegiatan ini sebenarnya untuk memperlihatkan aksi nyata dari organisasi ini dalam hal pelestarian alam. 

Serta untuk menyadarkan kepada masyarakat, bahwa untuk melestarikan alam dapat dilakukan mulai dari diri kita sendiri.

Dengan tidak membuang sampah sembarangan dan membuangnya pada tempat yang telah disediakan.

Dalam proses pelaksanaan kegiatan ini sendiri sangat sederhana dan sebenarnya tidak perlu waktu yang lama untuk pengadaannya. Dua minggu waktu yang telah angkatan ini persiapkan untuk mengadakan acara angkatan sendiri.

Banyak kegiatan yang telah terpikirkan dan ingin diadakan oleh mereka, seperti penanaman pohon dan seminar Lingungan Hidup dan lainnya.

Awalnya mereka ingin mengadakan kegiatan penanaman pohon. Mereka telah berusaha mengurus untuk mengadakan kegiatan tersebut, sampai pada akhirnya mereka berkumpul dan kembali membahas mengenai kegiatan tersebut.

Dengan segala pertimbangan, dan menyimpullkan untuk lebih condong ke aksi nyata, akhirnya dipilih lah kegiatan ini

Seminggu sisa waktu yang kami miliki untuk mengadakan acara angkatan, karena seminggu kedepan mereka akan berangkat ke Batu Kajang, Kabupaten Paser. 

Guna melaksanakan kegiatan Pendidikan Dasar Cinta Alam (PDCA) VIII yang merupakan salah satu program kerja tahunan dari Mapala CADAS.COM untuk mendapatkan kader-kader baru untuk menjadi anggota organisasi ini.

Mereka mencoba untuk mengadakan kegiatan seminar mengenai lingkungan, akan tetapi kembali lagi kepermasalahan awal, dikarenakan waktu, mereka kembali memutuskan untuk melaksanakan kegiatan lain.

Akhirnya mereka memilih untuk mengadakan kegiatan ini, walaupun kegiatannya sederhana, akan tetapi  memiliki makna dan manfaat yang sangat luar biasa menurut mereka.

Hanya tiga hari waktu yang mereka perlukan untuk mempersiapkan kegiatan ini. Untuk menjalankan kegiatan ini, waktu pelaksanaannya sempat diundur oleh karena harus melalui beberapa proses Asistensi dari para Pengurus.

Mereka kembali diberi waktu satu hari untuk mempersiapkan dengan baik dan lebih matang lagi untuk melaksanakan kegiatan ini. Mereka kembali benar-benar mempersiapkan semuanya dengan baik agar kegiatan mereka dapat disetujui oleh para pengurus Mapala CADAS.COM


Gambar. Angkatan Ke-7 Mapala CADAS.COM "Angkrang"
Akhirnya pada presentasi selanjutnya, kegiatan mereka disetujui pelaksanaannya oleh para pengurus dan dapat dilaksanakan pada tanggal 27 November 2013.

Sesuai dengan temanya, kegiatan ini menunjukkan bahwa sebenarnya kita sendiri juga dapat menjadi Pahlawan untuk Bumi kita tercinta ini.

Ya, contohnya saja hanya dengan melakukan hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya.
Dengan kita membuang sampah pada tempatnya, maka kita telah membantu untuk menjaga lingkungan kita sendiri, menjaganya tetap bersih, indah, nyaman untuk ditempati dan dilihat.

Bahkan kita dapat menghindarkan diri kita dari berbagai macam penyakit dan dapat mencegah terjadinya banjir di lingkungan kita.

Benar-benar sederhana, tapi memiliki makna dan manfaat yang sangat luar biasa. Kalau bukan dari diri kita sendiri, maka siapa lagi ????


"KITA ADALAH PAHLAWAN UNTUK BUMI KITA SENDIRI".

Salam Lestari…















Created : Fadel Muhammad “Lapuk” (NTA.CC.07.14.053)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar