Label

Rabu, 13 November 2013

Gelar Aksi Bersih di Pemukiman Atas Air

Cara Aktivis Maknai Hari Pahlawan


BALIKPAPAN–Banyak cara untuk memaknai Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November. Setiap orang bisa melakukan dengan kegiatan-kegiatan positif. Seperti dengan menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar.
Tindakan ini dilakukan sekelompok pemuda, melakukan sterilisasi di pemukiman atas air, Kampung Baru Tengah Balikpapan Barat, Minggu (10/11) pagi. Tujuannya, memotivasi warga agar peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

Tidak hanya lingkungan saja, wilayah pemukiman hingga daerah dermaga menjadi target sterilisasi. Untuk mencapai daerah yang cukup sulit terjangkau, aktivis ini mengajak kerja sama beberapa pihak terkait untuk mendapatkan bantuan perahu.

Dengan segera, puluhan pemuda yang tergabung dalam aktivis pecinta lingkungan ini langsung berbaur menurut pembagian tugas yang sebelumnya sudah ditentukan masing-masing koordinator tim.

Salah satu aktivis, Lela Ratu Simi, mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menunjukkan sikap dan jiwa kepahlawanan. “Setiap waktu dan bisa dilakukan dimana saja. Masing-masing dari kami, membawa kantong plastik, yang nantinya memuat sampah yang kita pungut dari wilayah yang dibersihkan. Dan hal ini juga dimaksudkan untuk memberikan contoh nyata serta pesan moral untuk menumbuhkan kepedulian mereka terhadap lingkungan,” urai Lela.

Kegiatan ini sendiri memiliki tantangan tersendiri. Dimana masih ada beberapa warga yang terlihat acuh dan tidak menaruh simpati terhadap lingkungan mereka yang tercemar. Padahal efek kerusakan dirasakan langsung oleh warga sekitar. Terlebih lagi di sekitar laut atau pesisir, selama ini menyangkut kebersihannya cukup menjadi sorotan.
“Memang saat bersih-bersih tadi masih ada masyarakat yang mucil, mereka seakan tidak peduli, jadi mereka cuma nontonin kita terus. Kegiatan ini memberi pesan untuk tidak buang sampah ke laut,” ujarnya.

Tidak semua bersikap seperti itu, ada sebagian warga yang memberikan tanggapan positif. Bahkan mereka juga tak segan untuk ikut turun ke lokasi melakukan sterilisasi ini. “Kami semua berharap dari kegiatan ini, kesadaran dari masyarakat sekitar bisa tumbuh,” papar Lela.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar