Label

Sabtu, 13 Juli 2013

Sejarah Mapala Cadas.Com

3 Maret 2013, saat perayaan milad ke-6 kami, panitia menyediakan acara khusus mengenai sejarah berdirinya organisasi Mapala Cadas.Com. Hal ini agar anggota tidak melupakan sejarah, sekaligus mengenalkan anggota yang paling muda dengan anggota (senior) tertua, upsss maaf senior. Berikut ringkasannya.




Pada 2003, komunitas pecinta alam di lingkup STT-Migas Balikpapan, Arimba,  membuka pendaftaran penerimaan anggota baru. Saat itu ada sekitar 50 orang yang mengembalikan formulir pendaftaran, namun dalam kurun waktu 1 bulan tidak ada kejelasan dari panitia yang membuat antusiasme peserta menurun. Dalam waktu 1 tahun masih tidak ada kejelasan dari panitia, peserta pun mulai mencari tau tentang Arimba, ternyata kelengkapan organisasi tidak ada dan tidak di wariskan.
Keinginan yang kuat menjadi alasan bagi para peserta membangun semangat yang baru, hingga pada 2006 mulai ada geliat-geliat bahwa akan ada satu organisasi baru yang bergerak di bidang kepecintaalaman. Kantin (Kampus Patra Darma) pada saat itu menjadi markas bagi mahasiswa. Hardi atau yang lebih di kenal dengan nama Oboy mulai merumuskan kembali organisasi pecinta alam. Oboy sempat hilang dari peredaran karena terjadi suatu pertikaian dengan mahasiswa lain. Oboy sebagai konseptor berdirinya Mapala Cadas.Com dan selebihnya di teruskan oleh Benny.
Sempat ada diskusi ringan antara Oboy, Benny, dan Pupu seputar konsep berdirinya Mapala Cadas.Com. Proses pun terhenti sementara karena adanya beberapa kendala, hingga pada akhirnya semua atribut organisasi mulai di susun oleh Benny, Pupu dan Bagus Prasetyo (angkatan 2004) dan mematangkan konsep dengan berbagai referensi tentang keorganisasian, terutama organisasi Mapala. Setelah semua konsep telah matang mulailah di kumpulkan mahasiswa, lalu membuka pendaftaran pada akhir 2006.
Dari 24 orang terpilih, di mulai pendalaman materi yang di dampingi oleh Komunitas Pecinta Alam (KPA) Rimba Lestari Riles), hal ini di lakukan karena Benny dkk ingin mengetahui lebih dalam mengenai sistem kepecintaalaman, mulai dari pendidikan hingga pengkaderisasian. Sejalan waktu, tinggal 21 orang peserta yang masih bertahan dan terus berkurang hingga19 orang yang ikut pendidikan pada awal tahun 2007.
Nama awal yang di usung adalah “Komunitas Mahasiswa Pecinta Alam dan Satwa Liar” dan resmi di ubah menjadi Mahasiswa Pecinta Alam Carmine Delta Adventurers Community dan lebih di kenal dengan sebutan Mapala Cadas.Com pada Musyawarah Besar pertama di Km 38.
Tepat pada 3 maret 2007 sekitar 10 orang anggota berkumpul dan membuat kesepakatan bahwa hari jadi atau berdirinya Mapala Cadas.Com adalah tanggal 3 maret 2007. Mapala Cadas.Com pertama kali di kenalkan ke seluruh Mahasiswa Pecinta Alam se Indonesia pada event tahunan Temu Wicara dan Kenal Medan (TWKM) di Banjarmasin.
Hingga sampai saat ini (2013) telah lahir 7 angkatan dengan berbagai macam karakter yang berbeda dari setiap anggota maupun angkatannya. Dan terbukti “Segitiga Merah” itu masih terus membuktikan keeksistensiannya, dengan berbagai macam problema yang di hadapi.

 created: Kebo
edited: Gaib




 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar