Label

Jumat, 01 Juni 2012

Energy, Economy and Environment



-->

Minggu 27 Mei 2012 kami melaksanakan kegiatan seminar lingkungan hidup yang bertema “ Energy, Economy and Environment ”, yang bertempat di aula utama Inhutani Balikpapan. Seminar ini bertujuan untuk kembali menyadarkan peran energy dalam pembangunan serta dampak yang ditimbulkan dari kegiatan explorasi dan ekploitasi yang dilakukan.  Dalam kegiatan kali ini kami mengahadirkan pemateri dari Chevron Indonesia Company, Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Timur, serta dari LSM Stabil Balikpapan. Dengan terselenggaranya seminar ini kami Bersyukur kepada Allah SWT, dan ucapan terimakasih kami tujukan kepada pihak-pihak maupun lembaga yang telah mensukseskan acara ini, khususnya kami tujukan kepada STT MIGAS Balikpapan, Bp Migas Perwakilan Kalimantan & Sulawesi, serta Dinas Kehutanan Kota Balikpapan.  
menyanyikan lagu Indonesia Raya
 Walaupun sempat tertunda sekitar 1 jam dari jadwal, acara akhirnya dapat dimulai pukul 09.00 WITA diawali dengan menyanyikan lagu wajib indonesia raya, pembacaan kode etik pecinta alam indonesia, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia ( Tri Daniah Daniati ), sambutan dari Ketua Umum Mapala CADAS.COM ( Erik “rahul” Alfian ) kemudian sambutan dari perwakilan pemerintah kota Balikpapan dalam sambutanya beliau mengatakan bahwa isu tentang energi, ekonomi dan lingkungan meruapakan suatu tantangan bagi kita semua. Bagaimana kita menjamin ketersediaan energi untuk menunjang  pembangunan/perekonomian tanpa merusak lingkungan yang ada.
sambutan ketua panitia 
sambutan ketua umum MAPALA CADAS.COM

sambutan perwakilan PEMKOT











Bpk. Iwan Azof dari Chevron membawakan materi
 Sekitar jam 9.30 WITA agenda utama yakni seminar akhirnya dimulai bertindak sebagai moderator pada kesempatan kali ini adalah mbak fitri, diawali penjelasan dari Bapak Iwan Azof dari Chevron Indonesia Company yang membawakan materi Geothermal sebagai energi masa depan yang ramah lingkungan, dilanjutkan dari Bapak Puji dari Distamben Provinsi Kaltim yang membahas mengenai regulasi yang berkaitan dengan industri migas di kaltim. Sebagai pemateri terakhir Bapak Jufriansyah membawakan materi tentang kerusakan lingkungan yang ditmbulkan oleh kegiatan pertambangan dan pembangunan, dalam ulasanya beliau juga sempat menyindir keberadaan tambang batu bara di Kaltim yang sudah sangat mengkawatirkan karena dampak sosial dan lingkungan yang ditimbulkan begitu besar, tidak lupa juga beliau mengkritisi kebijakan pemerintah seputar pembangunan jembatan pulau Balang, perluasan KIK, pembuatan jalan tol, serta coastal road yang semunya itu ada di balikpapan.
peserta dari IMAPA UNMUL saat mengajukan pertanyaan
Acara dilanjutkan dengan diskusi antara peserta dengan pemeteri, diskusi berjalan dengan sangat menarik. Namun karena waktu yang sudah menunjukan pukul 12.30 maka diskusipun harus diakhiri.  Acarapun selesai pada pukul 12.45 .








Banyak hal yang harus dipikirkan lagi oleh pemerintah menyangkut energi, ekonomi serta lingkungan agar kedepannya kita semakin bijak dalam pemanfaatan Sumber Daya Alam yang ada.
Lestari....
panitia pelaksana (MAPALA CADAS.COM) berpose bersama pemateri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar